Idle-Up Troubleshooting

Rekans, saya ingin sharing pengalaman saya troubleshooting idle-up. Ceritanya mobil saya itu kadang suka hunting idle nya ketika mesin sudah panas dan terkena macet. Tadinya sih kejadiannya jarang, tapi lama kelamaan semakin sering. Setiap macet selalu saja idle nya hunting dan sampai mati mesinnya. Pokoknya mengendarai mobil ketika macet jadi mengesalkan, karena setiap kali lepas gas dan injak rem, mesin pasti mati :(

Dulu sekali, memang pernah ngalamin masalah ini. Sama kejadiannya, setiap lepas gas pasti mesin mati tapi gak harus terkena jalanan yang macet terlebih dahulu. Waktu itu problemnya AFM dimana jalur karbon nya sudah tipis. Solusinya adalah dengan memakai tips yang dijelaskan oleh Kang Saft di www.saft7.com. Caranya adalah dengan menggeser jarum AFM ke lapisan karbon yang masih tebal. Hasilnya idle up bagus lagi, mesin gak mati ketika lepas gas. Tapi setelah 1 tahun lebih, problem idle up ini muncul lagi.

Tersangka pertama adalah AFM lagi. Berdasarkan info dari milis BMW, saya dapat kontak Pak Harry Lingga yang bisa melapis ulang karbon. Saya hubungi dia dan datang ke rumahnya. Kemudian AFM pun dilapis ulang karbon nya, sekalian juga saya minta Pak Harry untuk nyetel TPS. Hasilnya, ketika dites di rumah Pak Harry, idle mulus. Tapi ketika kena macet lagi, idle mulai hunting lagi. Duh.

AFM Re-Carbon

Tersangka kedua adalah ICV, saya coba bersihkan ICV. Memang ketika dibersihkan, daleman ICV kotor banget. Tapi setelah dibersihkan, tetep aja idle up nya hunting.

Tersangka nya balik lagi ke AFM. Setingan AFM diutak-atik sendiri. Hasilnya malah tambah parah. Mobil gak ada tarikannya dan konsumsi bensin jadi super boros. Apakah AFM nya perlu diganti? Coba cari-cari info di toko spare parts ternyata gak ada yang punya stok AFM. Harus pesan katanya ke BMW. Halah. Ketika ditanya berapa harganya? Jawabnya 7 juta. Halah lagi. Cari di ebay.de ternyata banyak yang jual AFM second. Tapi sebelumnya saya coba dulu troubleshooting dengan cara swap AFM untuk memastikan bahwa AFM nya bermasalah.

Saya kemudian dapat pinjaman AFM dari Kang Roni. Ketika pake AFM punya Roni, idle nya tetep gak beres. Berarti di mobilku problem idle bukan cuma faktor AFM, tapi ada faktor lain. Tapi memang sih ketika AFM punyaku dipasang di mobilnya Kang Roni, idle mobil Kang Roni juga jadi gak beres. Berarti emang si AFM emang problem. Ketika dilihat lagi lebih detail dengan cara digerak-gerakkan jarum AFM, kok terasa seret ya. Ada pada posisi tertentu yang jarumnya stuk dan harus digerakkan agak keras supaya jarumnya mau gerak. Mmmhhh…

Pusing troubleshooting sendiri, akhirnya mobil saya bawa ke bengkel aja deh. Saya bawa ke Anugrah PMK. Saya minta dicek AFM-nya sekalian tune-up (karena waktu pake AFM Kang Roni, mobil masih juga bermasalah idlenya, mungkin memang sudah waktunya untuk tune-up).  Oleh Anugrah crew, AFM kemudian dibongkar, ternyata dalemannya sudah kotor banget, banyak keraknya sehingga flap-nya seret. Oh, itu toh sebabnya kenapa waktu jarumnya digerakkin terasa berat. Daleman AFM kemudian dibersihkan, mobil ditune-up dan … wola … idle-up problem hilang.

Service AFM

Sekarang, mau jalanan macet idle tetap anteng. Konsumsi bensin pun kembali normal.

9 Responses to “Idle-Up Troubleshooting”

  1. zainul Says:

    mas lu-Q,
    thanks infonya, saya banyak belajar dari blog ini karena baru pakai e30/m40 selama 3 bulan, ambil dari member e30-registered.

    sudah daftar e30-reistered tapi belum pernah ikut nongkrong bareng.

    Saya juga tinggal di bekasi barat, kapan bisa nongkrong bareng untuk cabang bekasi?

    sekalian mau tanya-tanya tentang m40, mau meyakinkan bahwa e30/m40 masih sangguop di bawa mudik ke jawa tahun ini.

    wassalam

  2. Lu-Q Says:

    saya juga masih newbie, Mas …
    BMWCCI (atau E30 Register) gak ada cabang Bekasi :) … tapi banyak member yang tinggal di sekitaran Bekasi kok … tapi siapa aja ya? :p

  3. Sandi Says:

    Mas Lu-Q , thanks for sharing..belum ngalamin sih problem rpm hunting..
    tapi sempet nengok cara ganti FP..mau nyoba tapi gak berani..hehe..akhirnya beli baru :D

    Sesama M40 user from bekasi juga..tapi saya bekasi timur :D

  4. ararya Says:

    Mas, infonya keren keren sekali, saya baru migrasi dari crown ke m40. So far blum ada masalah di AFM sih, waktu make crown juga AFM lancar lancar aja.. kalo AFM runs well , boleh dibersihkan atau gak perlu mas? Makasih infonya,

  5. surya Says:

    salam kenal. sy baru bergabung di BMWCCI (atau E30 Register),td nya sy sudah prustasi sy pikir … sy nga punya teman se hobby sy (E30-M40) jd sejak thn 2000 sy single fighter mas cari sparepart dan asesoris nya.setelah sy liat situ punya mas sy jd semangat lg ….thanks ya mas..

  6. rmz77 Says:

    Mas, aku punya problem yg sama nih dengan E36M40 ku, bisa kasih tau biaya perbaikan afm + tune up di anugrah pmk?
    Terima kasih

  7. Lu-Q Says:

    @surya: tempo hari saya dapet friend request di fb, tapi maaf saya ignore karena blm kenal, eh ternyata pengunjung blog saya toh … maaf Boss, bisa di-invite ulang?
    @rmz77: re-carbon AFM kena 250rb … kalau servis AFM di anugrah + tune up 4 cylinders, kena 565rb Om … tapi gak berapa lama ajojing lagi tuh idle-nya, akhirnya saya beli AFM 2nd (beli di ebay Jerman, kondisi masih ok, plus ongkos kirim kena 1jt)

  8. rmz77 Says:

    Thank you atas infonya mas, kayaknya positif ICV ku yang bermasalah.

  9. tonyanggiawan Says:

    Ongkos bersihin afm brp om di anugrah pmk,alamat yg nambah karbon dmn n ongkosnya brp???

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »