Ganti Shockbreaker Belakang

Gak tahan dengan bunyi gluduk-gluduk dari arah belakang. Mobil saya bawa ke bengkel. Berdasarkan info dari milis sih katanya mungkin mounting shock breaker udah minta diganti. Ternyata ketika dicek, mounting memang sudah aus dan shockbreaker juga sudah mati alias kalau ditekan sudah tidak mau kembali lagi.

Tanya-tanya harga shockbreaker, di satu bengkel dapat Boge seharga 1.2 juta dan Bilstein 1.1 juta.  Beu, mahal pisan. Tanya di bengkel lain akhirnya dapat Boge seharga 800rb sepasang. Tapi pas didatangin bengkelnya ternyata stock Boge lagi kosong. Adanya Bilstein, harganya 700rb sepasang. Ya sudah lah, ganti lah.

Ganti SA Bilstein

(kiri atas searah jarum jam: sepasang Bilstein; part number Bilstein; Bilstein setelah terpasang; mounting shock yang sudah aus)

Setelah ganti shockbreaker, bunyi-bunyi annoying hilang sudah. Damage cost? Bilstein sepasang Rp 700rb, mounting SA 2 x @ Rp 85rb, jasa 70rb. Total 940rb.

27 Responses to “Ganti Shockbreaker Belakang”

  1. teguh Says:

    sempet nanya2 harga untuk yang depan juga bro?

  2. FHM Says:

    numpang tanya, beli shock dan pasangnya dimana yah? soalnya saya udah hunting tapi dapet harganya masih tinggi diatas sejuta.. mau ganti depan belakang, lumayan kalo dapet selisih harga hehe :d

    tks

  3. Lu-Q Says:

    @teguh: gak sempet nanya euy
    @FHM: beli dan pasang di Anugrah PMK

  4. abby Says:

    bener bos kayanya shock depan dengan belakang e3 saya mesti diganti…bunyi gludag gludug udah ga bisa ditoleransi.saking ,ales denger bunyinya itu e30 kerjanya cuma nongkrong doang di garasi.mau hujan mau panas terpaksa pake two wheel.denger2 sih katanya harga sparepart jakarta dengan bandung lebih murah di jakarta…bener ga sih…

  5. Lu-Q Says:

    duka, teuing, meureun … :) … kayaknya sih lebih murah di Jakarta, dulu pernah beli fuel pump E30 emang harganya lebih mahal di Bandung. tapi mungkin tergantung tokonya juga sih.

  6. Enang Rokajat Asura Says:

    Aku pake Katana Country 96, kalau shock belakang bagusnya pakai apa ya ? sekalian nanya neh…urusan interior dari mulai ganti plafond ama beresin pintu, yang miring tapi bagus, dimana yah ? thnk

  7. Lu-Q Says:

    katanya Boge lebih empuk dari Bilstein … tapi karena saya lebih banyak pake utk keluarga (muatan penuh) … pake Bilstein kayaknya bakalan lebih awet … mungkin lho ya … ini pendapat awam.

  8. Yuds Says:

    kalo bisa bagi alamat toko onderdilnya n telpnya kalo ada dong …..
    biar qta bisa pesen …. soalnya ….. yg asaya tau diatas 1jt …
    thanks

  9. Toni Says:

    Damage cost? Bilstein sepasang Rp 800rb, mounting SA 2 x @ Rp 85rb, jasa 70rb. Total 940rb.

  10. Boey Says:

    :d mao tanya juga nih… aq pake classy G102.. mo ganti shock depan sm blkng, bisa kasih saran yg murah meriah gak. tq

  11. rian Says:

    Kl 2010 ini harganya masih sama gak ya?
    Gw lg nyari buat shocknya timor nih. Ada usulan gak?

    Mhn alamat tokonya dong..
    Thanks ya

  12. Lu-Q Says:

    @Boey, rian: utk tipe lain saya gak tahu, Om … soalnya saya newbie, bisanya datang ke bengkel, trus minta ganti shock, hehehe … btw, di PMK kan banyak tokonya, tinggal hunting aja …

  13. Lu-Q Says:

    @Toni: salah ketik … harusnya Bilstein sepasang Rp 700rb

  14. Sandi Says:

    Itu buat mobil apa om? beda mobil, tipe dan harga beda kan?

  15. Lu-Q Says:

    @Sandi: mobilnya E30 …

  16. rimby Says:

    boz tmpatnya d’mna tuh almatny dunk,. mbil sya k.grand mau gnti bilstein tuk blkng hrga brp y??

  17. Rono Puspito Says:

    Bos, kalo untuk Honda City Z Th.2000 biar empuk pake Shockbreaker Merk apa? Berapa harganya untuk Shockbreaker Depan + Belakang. Pengen Ganti nich….soale udah Gugurudukan. Thx

  18. iyan Says:

    selamat malam brooo, mohon di bantu saya punya m50 Th 94 shock belakang bocor alis dah mati, bisa bantu info no telp atau toko yang jual, yang bisa di hubungi trim sebelumnya

  19. CoronaIndonesiaClub Says:

    Sekedar Info :
    1. Pilihan shock sesuai tipe :
    Ada dua tipe shock, shock gas dan shock oli. Shock gas buat yang doyan ngebut mobil lebih stabil, bantingan agak keras, daya tahan lebih kuat, shock oli bantingan lembut, daya tahan dibawah shock gas. Biasanya orang klo kombinasi depan belakang mereka ambil depan oli belakang gas, tapi semua bebas masing-masing menentukan
    2. Pilihan shock sesuai merk :
    Selain memilih shock berdasarkan tipe, ada pula pendapat awam yang bilang merk menentukan rasa. Secara umum pendapat tersebut sebenarnya boleh dibilang kurang tepat, namun dari hasil Share temen2 di forum, bisa ditarik kesimpulan bahwa merk-merk luar jepang seperti Monroe, Billstein, Boge, dsb lebih empuk dari merk jepang seperti KYB, Koni, Procom, dsb. Namun diluar itu, tiap merk juga ada klasifikasinya, misal untuk sport ato bukan. Yang sport tentu nlebih keras dari yang bukan.
    3. Toko Shockbreaker : di PM Kemayoran ada Anugrah Motor dan Jaya Abadi Motor; di ITC Dutamas Fatmawati ada Cahaya Baru.
    4. Harga Bandung vs Jakarta : Secara umum, onderdil baru pastinya di Bandung lebih mahal dari Jakarta, soalnya di Bandung kan ga ada Port (pelabuhan barang), semua barang turun d Jakarta, hampir semua toko onderdil (variasi) di Bandung pasti juga buka toko di Jakarta, ato minimal ada channel distributor d JAkarta. Kalo ada yg kebetulan lebih murah d Bandung, coba tanyain di tokonya yang di Jakarta sabarahaeun cing… pasti lebih murah yg di Jakarta, boleh coba kalo ga percaya.

    That’s it for now. salam !!!

  20. adi nurridwan Says:

    Trims buat Mas di CICS yg udah kasih informasi tentang Shockbreaker… kalo kemarin bahas tentang “ganti shockbreaker belakang” sekarang saya ada pertanyaan yang intinya sekitar bagaimana mengkombinasikan per mobil eropa (bmw) dengan shockbreaker dipasaran….? begini mas ceritanya saya dapat dari teman 2 set per ex bmw yang kebetulan sama ukurannya dengan per mobil starlet thn ‘95 saya perbedaannya hanya ukuran per yg dari bmw lebih tinggi. karena medan di tempat saya tinggal berlubang-lubang jadi ban mobil sering gesrot ke spatbor apalagi saat mobil terisi penuh penumpang… lalu saya punya ide untuk meninggikan jarak antara ban dengan spatbor agar lebih tinggi… yang saya ragu saya harus memilih shockbreaker yg mana (lembut atau keras bantingannya) jika dipasangkan dengan per dari mobil eropa tersebut terus sebaiknya saya pakai merek apa ?… itu aja pertanyaannya saya…atas jawaban yg diberikan saya ucapkan terima kasih banyak….:)

  21. adi nurridwan Says:

    Trims buat Mas di CIC yg udah kasih informasi tentang Shockbreaker… kalo kemarin bahas tentang “ganti shockbreaker belakang” sekarang saya ada pertanyaan yang intinya sekitar bagaimana mengkombinasikan per mobil eropa (bmw) dengan shockbreaker dipasaran….? begini mas ceritanya saya dapat dari teman 2 set per ex bmw yang kebetulan sama ukurannya dengan per mobil starlet thn ‘95 saya, perbedaannya hanya ukuran per yg dari bmw lebih tinggi. Per bmw ini akan saya pasang ke starlet saya karena medan di tempat saya tinggal berlubang-lubang jadi ban mobil sering gesrot ke spatbor apalagi saat mobil terisi penuh penumpang… kalau ide untuk meninggikan jarak antara ban dengan spatbor agar lebih tinggi sudah saya dapat… tinggal satu yang saya ragu harus memilih shockbreaker yang mana (lembut atau keras bantingannya) jika dipasangkan dengan per dari mobil bmw tersebut terus sebaiknya saya pakai shockbreaker merek apa ?… itu aja pertanyaannya saya…atas jawaban yg diberikan saya ucapkan terima kasih banyak :)

  22. agung purnama Says:

    Mau nanya DÕooº°??°º?gg, kalo shockbreaker belakang yg cocok buat mobil Timor apa ya?.. Dan berapa harganya.. Terima kasih..

  23. agung purnama Says:

    Mau nanya DÕooº°??°º?gg, kalo shockbreaker belakang yg cocok buat mobil Timor apa ya?.. Dan berapa harganya.. Terima kasih..

  24. emy bowo Says:

    kalau shock suzuki forsa 89 yang bagus pakai apa ya

  25. abdul karim Says:

    tolong infonya gan,,,kl shock belakang bwt great corolla apa ya yg bagus dan tahan lama..?? trims gan..

  26. marzoon Says:

    Kalo mau beli bilstein kuning dan per Eibach di Bandung, tokonya dimana ya?
    thanks kawan kawan

  27. fany Says:

    just info…
    shock breker depan belakang akhirnya dpt yg BOGE…agk susah cri yg sach…yg boge pun harus tawar mnawar dlu ma kokoh-nya…hehehe…ya cew yg nawar dpt lah slisih dikit ma toko sebelah…

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »