Tagihan Ganda Kartu Kredit

Hari Sabtu tanggal 30 Agustus y.l. saya mengisi bensin di SPBU 34-17134 di Jl. Kali Malang. Bayarnya pake kartu kredit. Kemarin siang ketika saya cek secara online transaksi di kartu kredit saya, ternyata ada 2 tagihan dari SPBU ini ke kartu kredit saya.

Ceritanya waktu itu saya pake kartu kredit untuk bayar minum si mobil tua sebanyak 50 liter lebih (gile tuh mobil, lagi haus). Ketika kartu kredit digesek, eh tidak keluar struknya. Lalu si pegawai pom bensin minta izin saya untuk gesek ulang. Saya tanya, “Ntar ditagih double gak?” Pegawainya bilang, “Tidak Pak, kan yang tadi gagal” (emang tau dari mana ya transaksinya gagal, kan cuma struk nya saja yang tidak keluar). Akhirnya saya iya-in. Dan digesek ulang lah kartu kredit saya. Yang kedua kali ini baru lah keluar struknya dan saya tanda tangan. Hari Rabu, 3 September, ketika saya cek transaksinya di internet, e-a-lah, dua-duanya muncul di tagihan. Berarti yang pertama tadi berhasil transaksinya sehingga dua-duanya ditagihkan ke kartu kredit saya.

Setelah tahu ada tagihan ganda, saya telpon bank penyedia kartu kredit saya. Ternyata benar ada tagihan ganda. Tapi si bank tidak bisa otomatis menghapus, katanya. Yang  dapat dilakukan adalah mengajukan dispute claim, itupun harus disertai resi pembatalan transaksi (void) dari merchant yang bersangkutan.

Pulang kantor, saya datangi SPBU ini, kebetulan memang lokasi nya dekat rumah. Sesampainya disana, saya mendatangai kantor nya. Kemudian saya ceritakan kronologisnya. Pihak SPBU ternyata sangat kooperatif dan sangat membantu. Yang jadi masalah adalah, mereka tidak bisa membuat pembatalan transaksi karena transaksinya sudah di-settle. Akhirnya mereka menawarkan untuk diganti uang cash saja. Saya pikir, ya sudah lah, itu juga bagus, toh sama saja. Akhirnya SPBU memberi saya uang cash dan case closed.

So, kalau harus gesek kartu kredit lebih dari satu kali, pastikan transaksi sebelumnya di-void dulu. Jangan sampai dapat tagihan ganda.

2 Responses to “Tagihan Ganda Kartu Kredit”

  1. ifan keren Says:

    :(( Jangan sampe kejadian di gw………
    Maksudnya Void apa bos itu

  2. Lu-Q Says:

    Void=Dibatalkan
    Dulu pernah belanja, trus waktu masukin julah transaksi, kasirnya salah masukin jumlah.
    Nah transaksi yang salah itu di-void, caranya ya kartunya digesek lagi di EDC, tapi tujuannya utk ngehapus transaksi yang salah tadi. Dapat struk juga seperti kalau belanja (bisa digunakan sebagai bukti).
    Baru kemudian transaksi diulang dengan jumlah transaksi yang benar.

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »