Reparasi Compressor M40

Hari Sabtu kemarin ketika menghabiskan weekend di Bandung, tiba-tiba saja AC mobil tua gak dingin. Pernah kejadian seperti ini, waktu itu cuma kabel yang kendor saja. Tetapi kali ini ternyata bukan. Terpaksa harus nge-bengkel nih.

Mau Sabtu sore ke bengkel tapi sudah pada tutup. Paling-paling bisa hari Minggu agak pagi. Tapi dipikir-pikir kalau ke bengkel Minggu pagi, takutnya baru selesai Minggu siang dan pulang ke Bekasi baru menjelang sore. Waduh, takut macet di jalan. Maklum minggu terakhir liburan sekolah. Akhirnya diputuskan kembali ke Bekasi hari Minggu pagi saja. Dengan AC yang mati kalau berangkat pagi semoga saja gak terlalu panas. Nge-bengkel-nya ntar aja di Bekasi, di bengkel AC dekat rumah. Senangnya punya anak yang ‘anteng’, sepanjang perjalanan ke Bekasi dia tidur pulas, walaupun gak pake AC dan sedikit bising karena kaca mobil dibuka.

Azka bobo pules

Sesampai di Bekasi, istirahat sebentar trus langsung ke bengkel. Diperiksa oleh bengkel dan divonis magnet compressor AC-nya koit (item no. 1 pada gambar di bawah). Akhirnya diganti deh tuh magnet compressor. Mumpung dibongkar, sekalian juga diganti bearing compressor nya, udah mulai agak seret sih muternya.

Compressor break-down

Reparasi Compressor

Mumpung lagi di bengkel, sekalian juga benerin kabel fog lamp yang bermasalah. Karena umur fog lamp yang tua dan sudah berkarat, fog lamp ini banyak matinya daripada nyalanya. Montir does his magic and both fog lamps nyala lagi. Mejeng deh :D

Mobil Tua Mejeng Lagi

Biaya? Lumayan gak terlalu mahal:
- Magnet compressor 100 ribu,
- Bearing 100 ribu,
- Jasa 100 ribu,
- Isi ulang freon R134a 150 ribu,
- Perbaikan kabel fog lamp 20 ribu,
Total 470 ribu saja.

4 Responses to “Reparasi Compressor M40”

  1. dhimas Says:

    bos kok e30 dah pake freon R134a?

  2. Lu-Q Says:

    sudah di-retrofit sama yang punya sebelum saya, Boss …

  3. Hengki Says:

    bos, reparasi compressornya dimana? kebetulan aku juga di bekasi, lagi punya masalah dengan kompresor M40 (bunyi ngorok). Masih bisa gak ya di reparasi ?

  4. Lu-Q Says:

    @Hengki: coba aja dicek, saya kemarin benerin di sini
    Terang Jaya, Jl. Raya Kalimalang no. 56A, Bekasi, telp 021-88951572 … lokasi kalau dari arah Jakarta ada di sebelah kiri jalan setelah Pizza Hut dan sebelum Galaxi

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »