Virus Angel Eyes

Pertama kali lihat angel eyes adalah ketika kebetulan melihat sebuah E60 keluar dari pelataran parkir BRI II. Waktu itu saya pikir bagus juga lampu dipasang lampu seperti itu. Googling di internet dapet info ternyata itu namanya angel eyes, dan sudah ada di biem semenjak E39 keluar. Wah gimana ya kalau si mobil tua dipasang angel eyes?

Googling lagi di internet, dapet info dari saft7.com tentang cara membuat sendiri angel eyes. Tapi apa daya saya bukan ngulik freak seperti Kang Saft. Akhirnya nyari di ebay.com dan nemu barang ini. Karena kebetulan waktu itu lagi nyoba transaksi di ebay, saya pikir beli angel eyes bisa dipakai sebagai percobaan transaksi di ebay. Deskripsi barangnya a.l. sbb.:

BMW E36/E39/E30/E34/M3/M5 Super Bright Angel Eyes CCFL

Features:
- Poly Carbonate Sleeve to protect delicate ccfl glass tube and create “glow” effect
- Top support Bar to prevent breakage
- Aluminum backing to support ring and ensure no light escapes out the back of the ring, giving a clear, clean halo look
- Custom made inverters gives each ring the right amount of power
- Quick release inverter design

Sempet tanya ke seller nya bisa gak kira-kira dipasang di mobil tua, katanya bisa juga dipakai di E30. Akhirnya beli deh, harganya $34.99 belum termasuk ongkos kirim.

Sewaktu nunggu barang sampai, cari informasi tambahan di milis m40-indonesia, ternyata katanya kalau mau pasang angel eyes di E30 harus buka batok headlamp. Waduh, nambah kerjaan. Waktu saya baca detail tentang cara pemasangan di E30 yang diberikan oleh si seller emang terlihat bahwa angel eyes ini dipasang diluar headlamp tapi headlampnya kemudian ditutup sama clear cover. Saya pikir-pikir, ntar kalau barangnya dateng, saya mau coba pasang di dalam headlamp aja sesuai rekomendasi milis dengan pertimbangan karena gak punya clear cover.

Akhirnya barang yang dinanti tiba. One thing that bother me, di covernya ada tulisan: untuk E35 dan E39. Nah lho, jangan-jangan gak cocok untuk E30. Tapi sudah terlanjur beli, ya udah coba dipasang aja.

Pernah ngebongkar kaca headlamp E30? Buset dah susah banget. Soalnya kacanya di sealed supaya gak kemasukan air, buka seal nya ini yang susah. Kalau di milist ada yang bilang pake hotgun atau direbus! Kalau saya buka pake cara manual, pake obeng, hehehe. Tapi yang berhasil dibuka kacanya cuma low beam aja. Yang high beam susah banget deh. Tapi setelah kacanya dibuka dan mau dipasang angel eyes, ternyata gak cukup :(. Ternyata ada alasannya kenapa di informasi yang dikirim seller rekomendasinya adalah dipasang di luar headlamp karena emang gak masuk kalo coba dimasukkan ke headlamp E30. Akhirnya kaca headlamp saya pasang lagi dan angel eyes saya pasang di luar headlamp. Supaya nempel saya pake silicon glue yang dibeli di Ace Hardware.

Coba dinyalain waktu malam. Hasilnya sebenernya not bad. Hanya saja, angel eyes ini lumayan terang (7000 K) sedangkan headlamp saya cuma halogen saja jadi hasilnya kurang match. Gak imbang antara terangnya si headlamp dengan terangnya angel eyes. Akhirnya jadi bahan ketawaan kakak dan adik saya deh :(

Tapi satu hal yang memutuskan saya mencopot angel eyes dari mobil tua. Ternyata karena embun dan hujan, ada air yang meresap melalui silikon (waktu saya lem kurang rapat) dan membuat angel eyes jadi kuning. Jelek keliatannya. Emang bener kata temen di milist bahwa seharusnya dipasang di dalam lampu. A.l. mungkin supaya gak kena air dsb. Ya udah, angel eyes saya copot aja. Ntar aja dipasang kalau udah punya E36 atau E39 (hehehe ngayal). Atau ada yang mau beli angel eyes punya saya ? Kayaknya tinggal dibersihin and it will become as good as new again.

3 Responses to “Virus Angel Eyes”

  1. andi Says:

    Mas, boleh dong angel eyesnya saya beli. Berapa ya? Saya bisa hubungi dimana?

  2. Lu-Q Says:

    nawar berapa mas?

  3. Herry Says:

    mo di jual berapa nih? :)

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »