Lebaran Bingung

Seperti yang pernah terjadi beberapa tahun lalu, hari Lebaran kali ini ‘jatuh’ pada dua hari yang berbeda. Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1427 H jatuh pada 23 Oktober 2006 sedangkan Pemerintah melalui Menteri Agama menetapkan 1 Syawal 1427 H jatuh pada 24 Oktober 2006. Duh bingung.

Sebenernya yang bikin bingung adalah karena haram hukumnya puasa pada tanggal 1 Syawal. Jadi kalau saya mengikuti keputusan pemerintah dan ternyata Lebaran memang sebenarnya jatuh tanggal 23 Oktober kan berarti jadi dosa (?). Kalau ikut Muhammadiyah, kok hanya Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal jatuh tanggal 23 Oktober 2006 sedangkan yang lainnya tidak?

Solusinya saya pikir kembali ke kepercayaan masing-masing aja kali ya. Kalau merasa lebih nyaman ikut Muhammadiyah ya silahkan, mau ikut Pemerintah ya juga silahkan … Next time, imbauan untuk Pemerintah dan ormas Islam lainnya, akan sangat indah kalau Idul Fitri bisa dilaksanakan secara serempak. Lebih khusuk dan terasa nikmatnya bersilaturahmi di hari kemenangannya. Tidak seperti sekarang …

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »