Mobil Tua Minta Jajan

Long weekend kemarin yang libur 5 hari sudah ditunggu dari jauh-jauh hari. Dibikinlah rencana mau ngapain aja selama libur 5 hari itu. Tapi apa daya, manusia boleh berencana, mobil tua yang menentukan. Gara-gara mobil tua mogok akhirnya ada beberapa rencana yang gak kesampaian.

Jum’at, 18 Agustus 2006, nganter si Eneng dan tantenya melihat rumah tantenya yang sedang direnovasi di daerah Sentul. Sepulang dari sana, tiba-tiba panel di dashboard mati semua, tape mati, lampu sign mati. Waduh. Singkat kata, mobil bisa juga selamat sampai rumah. Tapi dengan kondisi accu drop dan gak bisa dipakai untuk nyalain mesin lagi. Ternyata tadi itu alternatornya bermasalah sehingga tidak bisa nge-charge accu. Supply listrik ke mobil otomatis hanya bersumber dari accu sehingga accu akhirnya drop.

Hari Sabtu, accu distroom. Waktu itu masih berharap si alternator cuma pura-pura rusak aja, hehehe. Tapi hari Minggu sewaktu dipake jemput si Eneng untuk ke resepsi family, si accu udah drop lagi. Wah, ini mah si alternator beneran mati nih. Berhubung hari Minggu gak bisa ninggalin acara resepsi, jadi tukang foto, baru hari Senin mobil tua dibawa ke bengkel service dinamo. Setelah didiagnosa oleh montirnya, ternyata katanya anchornya sudah aus (lihat gambar) serta voltage regulatornya sudah rusak juga. Mumpung lagi dibongkar, sekalian aja saya suruh ganti bearing alternatornya.

Untung mobilku mobil tua, jadi masih bisa diotak-atik sama si montir. Karena katanya kalo mobil yang lebih baru gak bisa dibetulin karena dilak mati. Ganti alternator bisa kena berjut-jut. Setelah diperbaiki sekitar 2 jam, alternator sehat lagi. Pengisian ke accu sudah normal lagi. Mobil udah bisa dipake lagi dan ba’da Ashar langsung pulang ke Bandung.

One Response to “Mobil Tua Minta Jajan”

  1. Weni Says:

    si eneng siapa sih ? :D

    bandung macet ya sabtu-minggu. di ruas2 jalan tertentu aja sih. jalan yang banyak FO hehe.

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »