Bisnis Uang Muka

Kalau musim ajaran baru seperti sekarang ini, orang-orang akan mencari sekolah (baca: universitas) lebih dari satu. Buat cadangan kali ya. Biasanya, beberapa universitas swasta sudah mulai melakukan pendaftaran ulang sebelum pengumuman SPMB. Langsung narik uang muka pula. Nah kalo ternyata SPMB diterima, uang muka itu gak akan bisa ditarik 100 % alias akan dipotong biaya administrasi.

Sepupu saya, kira-kira sebulan yang lalu, minta tolong saya untuk nganter mendaftar ulang di salah satu universitas swasta di Bandung. Seperti biasa, sekalian bayar juga uang muka (atau uang apa lah namanya). Alhamdulillah, di SPMB yang diumumkan hari Sabtu 5 Agustus 2006 y.l. sepupu saya tersebut diterima di Planologi ITB. Sepupu saya pilih ITB. Otomatis nama dia yang sudah terdaftar di universitas swasta itu dibatalkan. Dan dari uang 16 juta yang disetorkan, hanya bisa diambil 10 juta saja. Bayangkan, kalo ada 50 orang aja yang seperti ini, universitas itu udah untung 300 juta dengan hanya sedikit effort saja. Ck ck ck, enak juga ya kalo punya bisnis universitas.

Kalau saya dulu, meskipun daftar di beberapa universitas, yang diterima cuma satu. Jadi gak ngalamin rugi-rugi uang muka ini. Paling cuma harus keluar uang untuk ongkos kesana kemari.

Sebenernya, yang lebih pusing lagi kalo gak keterima di universitas manapun kali ya ? Tapi seharusnya tidak melanjutkan ke universitas juga bukan berarti masa depan suram. Banyak jalan untuk sukses tanpa harus mengambil jalur pendidikan formal. Harusnya.

2 Responses to “Bisnis Uang Muka”

  1. Weni Says:

    saya dulu keterima di unpar tp gak pake bayar uang muka soalnya daftar ulangnya sesudah pengumuman umptn :D

  2. Lu-Q Says:

    Weni tea pinter, katarima dimana-mana … :D

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »