Weekend Dengan Mobil Tua

Side View of My Car
Punya mobil tua emang kadang-kadang bikin stress. Ada aja masalahnya. Tapi kalo kita bisa solve masalahnya, rasanya gimana gitu. Ada plong, seneng, dll. Walaupun sebenernya yang bisa kita lakukan cuma kasih solusi sementara alias solusi selotip item :p.

Sejak minggu yang lalu, saya ada kerjaan di Bandung. Hari Minggu, 7 Mei 2006, saya pulang sekalian kerja ke Bandung. Selama perjalanan dari Jakarta Bandung, mobil lancar-lancar aja alias masih bisa digeber di Cipularang. Hehehe, mumpung lagi sendirian bawa mobil, soalnya kalo bawa penumpang pasti diprotes abis kalo jarum speedometer sudah di atas 100kpj. Tapi pas hari Senin besoknya mau dibawa ke kantor, ternyata fan AC mati alias gak ada angin yang keluar. Walhasil selama beberapa hari bermobil ria tanpa ditemani AC. Untung Bandung relatif lebih dingin kalo dibandingin dengan Jakarta. Tapi sialnya Bandung lagi kena lautan sampah, sehingga sepanjang jalan sering banget nyium bau sampah karena kaca mobil yang terbuka.

Dari info milis, katanya coba dicek blower motornya. Saya coba ikutin saran dari milis. Baru dicoba buka cover blower motor dan ternyata AC sudah jalan lagi. Kayaknya ada sesuatu yang mengganjel sehingga si kipas gak mau muter. Lumayan, AC jalan lagi tanpa harus keluar duit :D.

Hari Sabtu (13 Mei 2006), saya harus ke Jakarta lagi. Ada acara keluarga. Sekalian bawa Ibu, Wa Mimi dan Wa Bapak. Tapi pas mau jalan AC mati lagi. Walhasil, bongkar lagi, AC jalan lagi, baru berangkat ke Jakarta.

Sekarang AC hampir selalu gak mau jalan lagi setelah dimatikan. Bisa dibayangin setiap mau jalan harus bongkar dulu cover blower motor AC untuk noel si kipas supaya mau muter.

Biem 1

Wah gawat kalo begini caranya. Berhubung hari Minggu nya (14 Mei 2006) banyak acara, tuh AC belum dibongkar serius, cuma buka tutup cover luarnya doang.

Biem 2

Nah, hari Senin pagi (15 Mei 2006, masih libur karena substitution holiday), baru ada waktu buat coba bongkar AC lagi. Kali ini bukan cuma covernya yang dibuka tapi sampe cover di dalem blower juga dibuka.

Biem 3

Coba-coba dibersihin kontaknya pake contact cleaner segala. Nah, setelah dibongkar dan dibersihin, sekarang AC selalu bisa fungsi dengan baik kalo saya coba matiin trus nyalain. Dicoba berulang-ulang masih jalan. Wah udah beres nih, pikir saya. Tapi setelah semua dipasang lagi, trus nyalain AC, ternyata gak jalan alias mati :(. Grrhhh^&*E%@#%^&!!!. Terpaksa dibongkar lagi deh. Trus setelah diamati, kayaknya setiap dipasang covernya selalu blower nya gak mau muter. Ternyata ada satu kabel yang berubah posisi waktu dipasang covernya. Coba dikasih selotip item supaya kabelnya gak gerak, pasang lagi semua covernya, trus dinyalain ACnya, hehehe sekarang nyala euy :).

Si Selotip Item

Tapi pas mau di-start, mobil gak mau nyala. Duh :((. Cuma bunyi cengeges-nges-nges tapi gak bisa jreng. Langsung teringat dulu waktu ganti fuel pump sempet gak mau nyala juga. Waktu itu yang dicoba adalah fuel pump relay nya diperiksa koneksinya, dioyag-oyag. Saya coba bersihin koneksi relay fuel pump sambil dipastiin kabelnya kenceng semua, trus baru coba di-start lagi. Setelah beberapa lama dicoba akhirnya … JREENGGG, sang mobil tua hidup lagi :D.

Kabel Kendor

Senin sore jam 17.00 pulang ke Bandung karena minggu ini masih ada kerjaan di Bandung. Alhamdulillah sepanjang jalan gak ada masalah yang berarti. Cuma sempet di Cipularang mobil tiba-tiba mati karena ada jalan rusak sehingga mobil sempat terguncang. Kayaknya relay fuel pump nya sempet gak connect lagi. Tapi mobil bisa langsung hidup lagi dan selamat sampe Bandung. Tapi setelah ngedrop Wa Mimi dan Wa Bapa di Sriwijaya, on the way home di jalan bypass, ban mobil kempes. Ganti ban dulu deh. Baru jam 20.00 akhirnya sampe rumah.

Ban Serepku Malang

Writer’s Comments:
- Tuh mesin kotor banget yah :( Gimana sih cara bersihin mesin yang baik dan benar ? Mau dibanjur sama air takut korslet kabelnya euy.
- Kasian banget ban serep ya. Udah ukurannya beda sendiri (ban serep 14″, 4 ban lainnya 16″), velgnya benjol lagi :p

*** Update ***
Tanggal 10 Juni kemarin motor blower AC mati total. Dibawa ke tukang dinamo katanya kolektor udah lemah. Akhirnya ganti kolektor dan gulung ulang. Sekarang sudah sehat walafiat lagi.

3 Responses to “Weekend Dengan Mobil Tua”

  1. Weni Says:

    coba ya… gunakan bhs indo yg baik. apa itu noel dan dioyag-oyag ! :D

  2. Yuli Says:

    Kalo mau tau cara bersihin mesin :

    I. Dibuka
    II. Dicopot
    III. Dimasukin ke air sabun (RINSO)
    IV. Diangkat…Dicelup…Diangkat lagi….
    V. Bilas dengan air bersih (PAM)
    VI. Walah….. Kinclong hasilnya.. dijamin!

  3. Lu-Q Says:

    Kalo dicuci pake R*NS* sih emang kinclong, tapi tuh mobil gak bakalan mau idup lagi :p

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »