Influenza

Sudah tiga hari ini saya terserang flu. Hidung tersumbat, tenggorokan gatal, badan terasa demam dan kadang batuk. Kalau saya terserang flu, cara penanggulangannya biasanya sederhana, makan yang cukup, minum banyak air putih, minum obat dan tidur yang cukup. Nah, sejak Rabu malam, saya sudah minum obat flu. Paginya merasa baikan, kerja lagi, tapi sorenya badan demam lagi. Kalo kata orang Sunda sih, meriang. Semalam juga saya minum obat lagi, paginya ngerasa baikan lagi, masuk kerja lagi, tapi sekarang suhu tubuh rasanya mulai naik lagi. Mungkin harusnya di rumah saja kali ya ga usah kerja.

Influenza disebabkan oleh virus influenza. Virus ini menyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru. Virus ini dapat menyebar melalui udara. Apabila orang yang menderita penyakit ini batuk, bersin atau berbicara, maka virus ini akan menyebar ke udara. Dan orang yang menghirup udara ini dapat tertulari influenza.

Walaupun sebagian besar orang dapat sembuh dalam tempo 1 atau 2 minggu, beberapa orang dapat mengidap komplikasi flu, seperti pneumonia dll, yang dapat menjadi sangat berbahaya. Beberapa golongan yang termasuk beresiko tinggi untuk terkena komplikasi flu:
- orang yang berumur 65 tahun atau lebih,
- wanita hamil,
- anak-anak usia 6 bulan s.d. 23 bulan, dan
- orang segala usia yang menderita penyakit kronis.

Di Amerika sendiri, 30 juta s.d. 60 juta orang terkena flu setiap tahunnya. 100 ribu orang diantaranya masuk RS dan 36 ribu diantaranya meninggal dunia (sumber National Library of Medicine).

Flu biasanya datang secara tiba-tiba. Gejala flu dimulai ketika virus flu masuk ke hidung, tenggorokan dan/atau paru-paru dan mulai berkembang biak. Gejalanya a.l.:
- demam tinggi,
- sakit kepala,
- mudah merasa capek dan lemah,
- batuk kering,
- tenggorokan gatal,
- hidung berlendir,
- badan/otot terasa pegal,
- diare dan muntah-muntah (biasa terjadi pada anak-anak).

Komplikasi flu yang bisa terjadi a.l. : pneumonia, dehidrasi, memburuknya penyakit kronis (jantung, asma, diabetes). Dan pada anak-anak bisa menyebabkan sinus dan infeksi telinga. Jadi apabila Anda termasuk yang beresiko tinggi terkena komplikasi flu, segeralah periksa ke dokter apabila ditemui gejala-gejala tersebut.

Hal-hal yang dapat dilakukan apabila terkenal gejala seperti flu a.l. :
- istirahat yang banyak,
- banyak minum,
- hindari alkohol dan nikotin,
- minum obat-obat flu yang dijual di pasar, perlu diketahui bahwa jangan memberi obat yang mengadung aspirin kepada anak-anak, karena bisa mengakibatkan reye sindrome.

Hal-hal berikut dapat mengurangi penyebaran penyakit flu :
- menghidari kontak dengan orang yang sakit flu dan apabila Anda sudah terkena flu, jagalah jarak Anda dengan orang lain agar orang lain tidak tertulari flu,
- apabila memungkinkan, tinggalah di rumah apabila Anda terkena flu (wah saya sekarang jadi penyebar penyakit dong … hehehe :) )
- apabila batuk atau bersin, tutupi hidung anda dengan tisue atau sejenisnya untuk mencegah orang lain tertular,
- sering mencuci tangan,
- hindari menyentuh mata, mulut dan hidung karena kuman biasanya menyebar setelah kita menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dan kemudian kita memegang mata, mulut atau hidung.

Dan segeralah pergi ke dokter apabila Anda temukan gejala seperti ini :
- demam tinggi dan berkepanjangan,
- nafas tersengal-sengal atau sulit bernafas,
- rasa sakit di dada,
- tidak cukup minum air,
- hampir pingsan atau pingsan,
- muntah-muntah.

Terakhir, seperti kata orang bijak, mencegah lebih baik daripada mengobati …

One Response to “Influenza”

  1. hanee Says:

    iya neh mas lucky sekarang jadi flu..gak flu aja dah lemes mulu bawaan nya palagi ditambah flu yah :(
    anyway..istirahat yang cukup yah mas trus obatnya diminum ( males bgt seh minum obat aja )…jangan sakit mulu ntar klo mas masih sakit kan jadi gak bisa maen ke rumah hanee :( jadi cepet sembuh yah mas :)

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »