Komentator Acara Olahraga di Televisi

Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang mempunyai kebiasaan sama seperti saya yaitu ketika menonton suatu acara siaran langsung olahraga (sepakbola, balap, dll) maka channel tv akan dipindahkan ke stasiun lain ketika para komentator (yang katanya pakar) untuk acara tersebut mulai berkoar. Saya punya kebiasaan itu. Karena hampir semua yang pakar itu tidak lebih banyak tahu daripada saya, walaupun saya harus akui ada juga diantara mereka yang memang tahu apa yang dia bicarakan.

Contohnya adalah komentator waktu siaran langsung MotoGP di TV7 hari Minggu kemarin tanggal 31 Juli 2005. Pada acara tersebut TV7 mengundang Aries Susanto dan Benny Djati sebagai komentator.

Pada balapan kelas MotoGP, tepatnya pada lap ke-5, pembalap dari Team Suzuki MotoGP yaitu John Hopkins mengalami kecelakaan yang cukup parah yang mengakibatkan marshall mengibarkan bendera merah tanda balapan dihentikan. Tapi lucunya, komentator kita yaitu Aries Susanto malah bilang bahwa dia tidak melihat ada awan hitam ataupun titik-titik hujan yang mengakibatkan para pembalap mengangkat tangan tanda minta balapan untuk dihentikan. Duh! Padahal pembalap mengangkat tangan kan karena mereka melihat bendera merah yang dikibarkan para marshall dan bukan karena akan hujan! Trus katanya lagi dia heran kenapa Rossi duluan yang mengangkat tangan dan bukannya Hayden sebagai pembalap terdepan yang mengangkat tangan tanda minta race untuk dihentikan. Duh (lagi)!! Dia gak lihat tayangan ulang kali ya, di tayangan ulang itu jelas-jelas diperlihatkan bahwa ketika para pembalap melihat bendera merah, maka berturut-turut Hayden, Rossi, dan Barros sebagai pembalap terdepan mengangkat tangan. Trus baru kemudian dia ngomong, “Oh, mungkin karena kecelakaan John Hopkins tadi maka balapan dihentikan.” Waduhhhh, telmi euy … !!!!

Komentator satunya, Benny Djati, ternyata sama. Ketika balapan diulang dan dia melihat nama John Hopkins pada posisi start ulang no. 12, dia langsung bilang “Ternyata John Hopkins masih akan start, mungkin tadi ada kecelakaan lain sebelum John Hopkins terjatuh yang mengakibatkan bendera merah dikibarkan. Jadi, John Hopkins terjatuh setelah bendera merah dikibarkan yang mengakibatkan dia masih bisa mengikuti balapan.” Wah ini benar-benar parah, apa dia sebagai komentator tidak tahu bahwa posisi start ulang itu diambil berdasarkan posisi lap terakhir sebelum balapan dihentikan karena adanya kecelakaan?

Kepada TV7, saya ucapkan terima kasih atas siaran-siarang langsung olahraga yang sangat menghibur. Tapi tolong dong lebih selektif lagi dalam memilih komentator supaya kita yang nonton ini menjadi lebih terhibur lagi karena selain melihat tayangan langsungnya kita juga mendapat tambahan informasi yang akurat dari para komentatornya. Bisa dicontoh tuh komentator sepakbola Darojatun yang selalu dilengkapi dengan data-data yang akurat pada saat mengomentari suatu pertandingan atau komentator tayangan F1 di GlobalTV (Arief kumis dari Bola) yang menurut saya bagus.

7 Responses to “Komentator Acara Olahraga di Televisi”

  1. Weni Says:

    Darojatun fis 6 ya Ky ? hehe. Pertama kali liat dia jadi komentator liga inggris, aku ngerasa wajahnya kok familiar hehe. Taunya Jatun anak sma 3 :)

  2. guess who Says:

    Ini teh lucky, temen saya lulusan tehnik elektro itb yang kerja di salah satu cellular company di jakarta bukan ya? (Tapi kayaknya mah iya da)

  3. Lu-Q Says:

    Lu-Q tuh laki-laki … jadi bukan Teh :D
    Emang guesswho siapa ya … ???

  4. Darojatun Says:

    :) maaf ya, saya cuma ngerti dikit soal bola. :) apalagi balap f1 mana saya tahu. heheh maaf lagi kalau ini memang bukan saya. hahahaha

  5. Q-World » Blog Archive » Kings Of Europe Says:

    […] biasa, saya paling males dengerin komentator sok tahu pada saat pertandingan seperti ini disiarkan di tv. Semalam pun sama seperti sebelumnya. Nonton di RCTI males banget liat diskusi antara pembawa acara […]

  6. Julian Says:

    Bagi Pembaca …

    Saya ingin sekali jadi salah satu komentator Bola di TV, tapi gimana caranya .

    Informasi pengetahuan bola saya cukup bagus.

    Thanks.

    Julian

  7. Julian Says:

    Dear Tran7 …

    Saya berharap ada undangan buat saya sebagai salah satu komentator bola di trans7 untuk liga Italy atau liga apa saja :-c 081511156120.

    Regards
    Julian .

Leave a Reply

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »