The Trees

Hemispheres
The Trees
Rush (Hemispheres - 1978)

There is unrest in the forest
There is trouble with the trees
For the maples want more sunlight
And the oaks ignore their pleas

The trouble with the maples
And they’re quite convinced they’re right
They say the oaks are just too lofty
And they grab up all the light
But the oaks can’t help their feelings
If they like the way they’re made
And they wonder why the maples
Can’t be happy in their shade?

There is trouble in the forest
And the creatures all have fled
As the maples scream, “Oppression!”
And the oaks just shake their heads

So the maples formed a union
And demanded equal rights
“The oaks are just too greedy
We will make them give us light”
Now there’s no more oak oppression
For they passed a noble law
And the trees are all kept equal
By hatchet, axe, and saw

===========================

The Trees adalah salah satu dari sekian banyak lagu hits Rush. Sebuah fabel yang menceritakan tentang hutan yang menderita karena kompetisi untuk memperebutkan cahaya matahari antara pohon oak yang tinggi dan pohon maple yang lebih kecil. Pada akhirnya, tidak ada yang menang karena keduanya akan berakhir di ujung kampak dan gergaji.

Arti sesungguhnya dari lagu ini mengundang perdebatan. Neil Peart, sebagai penulis hampir seluruh lagu Rush, pernah mengatakan bahwa lagu ini diilhami oleh sebuah kartun dan tidak mempunyai arti lain yang lebih dalam. Tapi tampaknya lagu ini menggambarkan tentang sosialisme dan trade-unionism. Peart memang dikenal sering mendapat inspirasi dari Ayn Rand, seorang yang menganjurkan filosofi pasar bebas, yang berpendapat bahwa pemakaian aturan untuk memaksa “level the playing field” dalam kompetisi bisnis hanya akan merugikan semua orang karena akan menghalangi produser yang paling sukses. (sumber: Wikipedia)

Kalau kita lihat kondisi Indonesia dewasa ini, sering kita lihat di TV dan kita baca di koran orang-orang berebut kekuasaan dan saling menjatuhkan dengan cara-cara yang tidak normatis. Para petinggi partai saling berebut posisi, para pejabat berlomba-lomba untuk korupsi. Well, come on! Someday all of us will be death for sure. Jadi, tak perlu saling sikut … tak perlu saling jegal … hanya untuk kepentingan sesaat di dunia ini. Kita ini hanya seumpama sebuah pohon dari sekian banyak pohon di rimba dunia ini. Just like what Geddy Lee says: ” … and the trees are all kept equal by hatchet, axe, and saw“.

Leave a Reply